Tips supaya mengajar menyenangkan

Menurut Anda, bagaimana mengajar bisa menyenangkan? Sering kali kita (sebagai dosen ataupun guru) melakukan hal – hal yang membuat proses belajar ini tidak lagi menarik. Padahal, kalau tidak menarik, pastinya kita bakalan males belajar (dan mengajar 🙂 ).

Nah, dari pengamatan sekilas saya tadi pagi waktu ngajar (masih anget nih), berikut ini hal – hal yang seharusnya saya lakukan supaya membuat kuliah menyenangkan.

teacher_secondarymanwhiteboard

  • Pastikan bahwa Anda sendiri antusias, tertarik, senang dengan materi yang akan Anda bawakan. Saya selalu melakukan perubahan, penambahan, pembaruan pada materi kuliah saya, supaya saya sendiri menjadi tertarik dan bersemangat untuk membagikannya.
  • Jangan langsung masuk ke materi dong! Kebanyakan mahasiswa masih belum “ON” konsentrasinya. Sebagian masih agak ngantuk, sebagian lagi masih mikirin masalah yang di rumah, dll, dll. So, lebih baik mulai dengan menyapa mereka, kemudian ceritakan dengan santai hal – hal berguna yang bisa menarik minat dan perhatian mereka.

  • Setelah mahasiswa sudah pada bangun 🙂 , mulailah dengan mereview kuliah terdahulu, jadi mereka mulai mengaitkan materi hari ini dengan yang kemarin. Baik jika meminta beberapa orang menceritakan dengan singkat isi kuliah kemarin.
  • Saat mulai masuk ke bahan baru, usahakan untuk “masuk ke dunia mereka” kemudian “mengajak mereka ke dunia Anda” (prinsip di Quantum Teaching). Ceritakan dulu analogi yang berhubungan dengan dunia mereka, barulah Anda jelaskan hal – hal yang rumit semudah mungkin.
  • Saat mahasiswa sudah mulai bosan dan mengantuk (Anda pasti bisa lihat bahasa tubuh mereka kan?), tidak ada salahnya Anda berikan waktu break, atau Anda ceritakan / tampilkan kisah – kisah lucu, dll. Kadang – kadang santai sejenak 5 menit sudah cukup untuk merefresh Anda dan mahasiswa.
  • Jika ada mahasiswa yang melanggar kesepakatan (datang melebihi jadwal yang ditetapkan, ramai, terima telepon di kelas), tanganilah dengan bijak. Bersikap tenang namun tegas. Jika Anda tidak tegas, maka mereka cenderung tidak menghargai Anda dan aturan di kelas. Namun jika Anda “terlalu tegas”, hal itu akan merusak emosi mereka (dan Anda), sehingga akan mengurangi kesenangan belajar yang telah Anda bangun.

Happy teaching!

Advertisements

9 thoughts on “Tips supaya mengajar menyenangkan

  1. erika

    Aq coba dl deh, di t4 aq ngajar sekarang jg sistemnya pake angket.
    emang sih, angket saya hampir ga pernah jelek, tp jg ga nonjol2 amat.so, aq coba dl trik ne, mudah2an bnyak gunanya.
    tx

    Reply
  2. erika angraeni

    thanks dik Handy…I will try to my small class ….I think OK for my students ( They are still in Kindergarten and Elementary School )….thanks a lot …..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s